Langsung ke konten utama

Jepang Jepangan

Pastinya kalian pernah nonton film jepang kaan, karna siapa sih yang gak pernah nonton film jepang :D.. dan ngomongin tentang film jepang pastinya gak ketinggalan juga dengan bahasanya, kalau aku sendiri yang selalu keinget waktu nonton film jepang adalah saat manggil nama seseorang, pasti di ahiri dengan kata -san, -kun, atau -chan, sebenernya apa sih maksut kata ahiran tersebut ? jadi kata ahiran -san, -kun, -chan, adalah kata yang memiliki arti kurang lebih sama seperti kata awalan di indonesia yaitu mas dan mbak, dan untuk lebih jelasnya berikut adalah artinya.

  • -Kun, kata ahiran yang biasanya di katakan pada anak laki-laki yang lebih muda atau sebaya, -Kun umumnya di gunakan untuk laki-laki, tapi ada kalanya wanita juga bisa di tambahin kun, biasanya wanita tersebut bersifat seperti laki-laki, tomboy.

  • -San, kata ahiran yang di gunakan untuk memanggil seseorang yang kamu hormati, -San bisa di katakan pada cewek atau cowok, misalnya di tempat kerja ada seorang yang kamu hormati, dan namanya adalah aris, maka bisa kamu panggil Aris-San :D.

  • -Chan, kata ahiran ini di gunakan untuk memanggil cewek cantik, contoh misalnya kamu punya temen cewek cantik banget kayak asmirandah :D, kata ahiranya bisa di tambahin -Chan, kurang lebih seperti itu, karna aku juga sebenernya gak begitu paham, jadi artikel post ini nyontek sana-sini. :D.

  • -Nee-san / One-chan, kata ahiran yang di katakan pada kakak perempuan, jadi kalau kamu punya kakak perempuan dirumah manggilnya Nee-san atau One-chan.

  • -Ni-San / Oni-chan, kebalikan dari Nee-san dan One-chan, kata ahiran ini di gunakan pada kakak laki-laki, kalau indonesianya adalah "abang".

  • -Sama, kata ahiran ini di gunakan untuk memanggil seseorang yang kamu hormati, tapi ini maknanya lebih ke bawahan memanggil atasan.

Dan itu dia beberapa kata ahiran yang ada di jepang, sebenernya masih banyak kata ahiran lainya, tapi sepertinya yang paling sering aku denger waktu nonton anime adalah itu, jadi semoga aja bisa menambah pengetahuan kamu kalau sedang nonton film jepang, jangan cuma kimochi aja ngertinya ya :D.


Komentar

  1. Haha ada" aja memang ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, jepang tuh salah satu negara yg unik ya, dari bahasa sampe tradisinya pasti ada aja yg jadi bahasan :D

      Hapus
  2. Banyak yang bikin penasran kalau aku pribadi, pengen lebih tahu bahasa jepang..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih gua juga dari berapa tahun lalu sempet belajar bhsa jepang, tapi dari internet sih belajarnya, jadi yah gitu dah :D

      Hapus
    2. Enaknya sih langsung sama orang yang tahu ya, Mas..he

      Hapus
    3. iya, belajar sama guru orang jepang nya langsung :D

      Hapus
    4. Gimana, Mas udah bisa belum bahasa Jepangnya, ajarin aku lah :D

      Hapus
    5. gak bisa, aku belajar bhsa jepangnya cuma ngapalin perkata jaa gitu haha :D

      Hapus
  3. Pernah belajar bahasa Jepang saat kuliah, cuma 3 SKS..Ibu dosennya killer habis, jadi enggak nempel ilmunya sekarang..dah ilang hiks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya ya kalo punya dosen killer gitu semua pelajaran pun kayaknya gak bisa nempel lama :D

      Hapus
  4. Kalau suka nonton anime pasti nggak asing dengan kata2 di atas tadi, hehe. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyannih gua juga suka bgt nonton anime, jadi post ini juga trinpirasi dari itu :D

      Hapus
  5. Jadi kalau mau manggil khanif kejepang2an.. Khanif san.. Bener ga? 😂
    Saya pernah belajar bahasa jepang tapi cuma pas selingan waktu kursus bahasa inggris dulu, paling cm 4 pertemuan 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener kayaknya si gitu, hehehe .. padahal gua juga gak ngerti ngerti banget sebenernya :D

      Hapus
  6. wah jadi keinget belajar bahasa jepang pas SMA. yang masih ngebekas cuma -kun, -san ama -chan. sisanya udah pada lupa. *jadi pengen belajar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. emg itu kata kata yg gak busa di lupain :D

      Hapus
  7. Aku dari dulu belajar bahasa jepang nggak bisa-bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu gak serius kali belajarnya makanya gak bisa bisa :D

      Hapus
  8. Pernah belajar bahasa jepang pas SMA, yg gue inget cuma Ohayo gozaimase.. semoga tulisannya bener yang artinya selamat pagi. :D

    BalasHapus
  9. Dulu pas SMA sha ada pelajaran bahasa jepang selama 3 tahun. Tapi sekarang dah pada lupa :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karna udh saking lamanya jadi lupa yaa :D

      Hapus
  10. yang saya tau cuma aishiteru aja wkwkw.. yang lain engak ada yang apal. soalnya pas sma juga belajar jerman bukan jepang jadi yabeginilah kak gatau apa2 ttg jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. aishiteru artinya i love you bukan si ? :D

      Hapus
  11. Mantep mas, kalo sering menulis istilah seperti itu, lambatlaun juga nanti haval bahasa jepang..makasih infonya kawan, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya ini cuma iseng aja bro, kmren waktu nonton anime coba buat cari arti kata itu, dan ahirnya tak buat posting :D

      Hapus
  12. Himawan Sant ... hahaha .. samaan bunyi dengan kata San.

    Aku bukan keturunan Jepang,tapi pernah dekeeeet sama orang Jepang.
    Jadi saat itu aku dipanggil oleh dia Sant san ...
    Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. "sant" itu emg nama asli ya bang ? mungkin ada kepanjanganya gitu :D

      Hapus
  13. oooh iya sih
    sama kayak mas mbak gitu ya kalo di Indonesia
    XD

    BalasHapus
  14. Nonton film Jepang ia pernah, kalau bahasa jepang yang aku ingat masa sekolah suka dijadikan guyonan seperti, takasihmurah apa lagi ya udah lupa

    BalasHapus
  15. kata san pernah aku dengar di dialog film jepang. Memang sulit memahami bahasa Jepang kayak saya
    Sebentar saja kemudian lupa lagi palagi tulisannya hadeeeh bikin mumet kepala

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sering nonton film jepang nanti juga kebiasa sendiri denger kata-katanya, karna saya juga gitu, berawal dari hobi nonton anime :D

      Hapus
  16. Film Jepang yang diblur gua juga suka ckck, anime juga ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, saya juga suka banget nonton anime :)

      Hapus
  17. Hajimemashite, watashi wa Desi desu. Douzo yoroshiku.
    Sy lulusan sastra jepang, tapi udh bnyak lupanya, cuma ingat kalimat2 standar utk sehari2 aja Khanif-san 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa nih belajar bhs jepang sama mbak desi, kan lulusan sastra jepang :D

      Hapus
    2. Hahaha..boleh2, tapi sy pun udah mulai banyak lupanya..maklum faktor usia..kwkkw

      Hapus
  18. Pecinta jepang yaa??? Haii... Aku pecinta korea.. Wkwkwkwk

    Heran dehh,, kenapa ya, asmiranda selalu dibawa bawa di blog ini 😆😆😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. karna ngefans bgt sama asmirandah dari jaman dulu waktu smp :D

      Hapus
  19. Dulu sempat belajar bahasa jepang sedikit, sekarang sudah agak lupa hehehe. Inspirasi belajar bahasa jepangnya juga karena anime dan komik.

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan

Setiap orang pasti memiliki kenangan indah ataupun pahit, dimana setiap kenangan itu memiliki arti yang mendalam bagi orang tersebut.. gw pernah ada di satu waktu dimana gw tidak memperdulikan kenangan orang lain, bagi gw kenangan mereka hanyalah sebatas kenangan yang tidak ada hubunganya dengan gw, dan memang bener, karna gw tidak mengenal mereka, tapi semakin kesini gw semakin menyadari, gw ataupun mereka sama saja, kenangan yang mereka miliki sama berharganya dengan kenangan yang gw punya. Berawal dari perjalanan ke satu tempat pada waktu itu, gw melihat beberapa orang yang akan di tinggal pergi, mereka berpesan baik-baik disana, jaga kesehatan, sebuah kalimat sederhana yang mempunyai arti dalam, pada waktu itu gw sama sekali tidak menyadarinya, hingga gw tau semua itu sama halnya ketika orang tua gw berpesan yang sama. Berbicara tentang kenangan, saat ini apa yang gw lakukan mungkin akan jadi kenangan di kemudian hari, kenangan sedih pun terasa bahagia ketika berlalu..... dan tentu

Strawberry

Strawberry berlari mengejar jeruk, tetapi jeruk tak menghiraukanya dan terus berlari, strawberry semakin tertinggal jauh di belakang, lalu ia menagis tersedu-sedu, datanglah leci dengan sayap putihnya dari langit, ia tersenyum pada strawberry dan membawanya terbang ke langit biru, ke sebuah tempat dimana hanya ada bahagia, sebuah daratan di atas langit bernama sky paradise, tempat dimana orang-orang tertawa bebas. ***** Dibalik awan-awan putih itu, strawberry duduk melihat indahnya pemandangan, ia melihat jeruk yang masih berlari tanpa seorangpun yang mengejarnya, ia teringat pertama kali bertemu jeruk, saat itu jeruk tertawa meringis memperlihatkan giginya yang ompong, kemudian ia berlari mengeliingi sekolahan, pada saat itu berlari adalah hobi jeruk, ia ingin menjadi pelari international katanya. Cinta pada pandangan pertama strawberry pada jeruk, membuatnya lupa kalau dunia itu indah, karna jeruk tak pernah menyukai strawberry, dunia yang harusnya indah menjadi kelam, sejak saat itu

Permainan Iblis

Di suatu kota tanpa nama, hiduplah seorang laki-laki bernama frank, dia adalah bajingan, preman yang suka meneror warga, tiap malam membegal orang-orang yang lewat di jalan, suatu malam ketika dia sedang mencari mangsa, sial ketika itu, sebuah mobil truck menabraknya hingga mati, supir truck pun langsung kabur melihat frank yang mati penuh darah, tak ada yang menolongnya, berhari-hari tubuhnya membusuk dimakan binatang buas. Frank menjadi hantu penunggu jalan, jiwanya terjebak dan tersiksa selamanya hingga hari penghakiman, hingga datanglah iblis padanya, "hai frank, apakah kau baik-baik saja.." sapa iblis pada frank... "apakah kau tidak bisa melihat, aku disini tersiksa dan tidak bisa keluar bodoh !!" iblis itu tersenyum dan menawarkan sesuatu pada frank. - Iblis: apakah kau ingin kesempatan kedua, frank ? - Frank: apa yang kau maksut kesempatan kedua. - Iblis: apakah kau ingin hidup kembali ?, kau bisa memperbaiki hidupmu di masa lalu yang menyedihkan itu, menjadi