Langsung ke konten utama

Makanan Jepang

Beberapa hari yang lalu aku sering banget denger kata sushi, jadi penasaran seperti apa sushi itu.. waktu pertama kali denger aku pikir sushi adalah jenis makanan seperti capcay, jadi makanan sejenis sayuran gitu yang bisa di goreng atau di rebus, terus kepikiran juga kalo sushi itu seperti seblak, dan juga mie ramen, pokonya sih sejenis makanan yang berkuah gitu.

Tapi ternyata beda ya, jauh banget dari apa yang aku bayangin, jadi sushi adalah salah satu makanan khas jepang yang penyajianya menggunakan ikan mentah... itu sih yang di katakan wikipedia :D, agak kaget sebenerya waktu baca infonya, gak kepikiran aja kalo sushi adalah jenis makanan yang berhubungan dengan ikan, dan ikan mentah lagi, jadi gak bisa ngebayangin gimana rasanya, karna ikan yang mateng aja aku belum tentu doyan apalagi yang mentah.

Btw aku memang gak makan ikan laut, bisa di bilang vegetarian gituu, tapi gak juga sih hehehe, sebenernya tergantung masaknya, tapi kalo ikan laut memang hampir semuanya gak doyan, kecuali udang, dan itupun harus di masak sesuai selera, kalo daging sapi atau kambing juga tergantung masaknya, sejauh ini paling suka dibuat sate, terus asem-asem gitu juga suka, kalo dimasak selain itu angkat tangan buat makan :D, aneh kan.. emang aneh banget idup gue ini.

Balik lagi ke sushi, jadi seperti yang udah di katakan wikipedia, sushi adalah salah satu makanan asli dari jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauknya, berupa makanan laut, daging, dan juga sayuran, nasinya sendiri mempunyai rasa asam lembut, karena sudah dibumbui dengan campuran cuka beras, garam, dan juga gula... jadi, selain di sajikan dengan ikan mentah sushi juga ternyata ada nasinya.

Sebenernya kalo aku lihat dari beberapa gambar di google ternyata sushi mempunyai bentuk yang bada-beda, dan gak tau apakah setiap bentuk sushi mempunyai nama yang beda-beda juga atau enggak, misalnya sushi bentuk a namanya ini, dan sushi bentuk b namanya itu.. jadi buat kalian yang udah pernah makan sushi, coba deh share pengalamanya di komentar, kayak apa sih rasanya.. jujur aja aku penasaran banget, terus sushi bentuknya kan gitu ya, terus cara makanya itu gimana.



Satu lagi makanan dari jepang yang kemaren aku denger adalah sashimi, kalo sushi kan memang udah lama dengernya, cuma belum sempet googling seperti apa makananya, tapi kalo sashimi memang baru denger kemaren.. dan udah pasti sashimi adalah makanan dari jepang yang penyajianya juga menghunakan ikan mentah.

kalo kata wikipedia, lagi-lagi wikipedia, memang sumbernya cuma dari situ :D.. jadi, sashimi adalah salah satu makanan khas jepang yang berupa makanan laut dengan kesegaran prima, yang bisa langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti, kecap asin, parutan jahe, dan juga wasabi. Makanan laut segar berarti bisa seperti ikan, kerang, dan juga udang, di hidangkan dalam bentuk irisan kecil agar mudah di makan, sedangkan untuk udang yang berukuran kecil, biasanya hanya di kupas kulitnya dan di buang kepalanya.

Nah, kira-kira siapa nih yang sudah pernah makan sashimi.. kalo di bandingkan dengan sushi lebih enak mana ya.



Sebenernya kalo kita bicara tentang makanan khas dari jepang pasti banyak banget, sebut saja ramen, pasti sudah familiar kan, cuma aku kalo denger kata ramen pasti keingetnya naruto :D, dan sepertinya aku juga belom pernah makan ramen, maksutku ramen yang di jual di restoran khas jepang gitu.. kalo ramen yang instan si sering, mie instan ramen :D.

Komentar

  1. Uh seger banget sushinya bikin ngiler ini mah..
    ternyata sashimi sama sushi beda yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari yang saya baca, sushi dan sahimi memang beda mas :D

      Hapus
    2. dari tulisan saja sudah beda wueheheh :D

      Hapus
    3. hehe bisa aja nih bang :D

      Hapus
  2. Banyak jenis sushi yang tidak pakai lauk atau ikan, seperti vegetarian sushi yang tengahnya serutan wortel timun dan avocado, atau avocado sushi, cucumber sushi, asparagus, kadang dicampur cream cheese.

    Kalau sashimi, itu semuanya berbahan ikan atau seafood mentah,dimakan mentah, biasanya diiris tipis.

    Ada lagi namanya nigiri, itu nasi yang dikepal, atasnya dikasih irisan seperti untuk sashimi atau irisan telur yang dibuat seperti cake.

    Ketiganya itu akan enak kalau disantap dengan wasabi, campur sedikit soy sauce... OISHI...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sepertinya mbak lantana tau banget tentang makanan jepang ya, sushi dan sashimi, pasti sering makan sushi nih :D

      Hapus
    2. sashimi, seafood mentah? aduh kira kira bisa masuk ke perut kagak ya, tidak berani jajan ah.

      Hapus
    3. iya bang, selain itu sepertinya harganya juga mahal :D

      Hapus
  3. Saya lebih suka sushi daripada sashimi karena masih ada nasinya, di sushi gak ikan mentah aja koq yg dipake, ada yang matang juga seperti pake telur dadar (tamago), udang dan kepiting terus emang bener kata mba lantana enaknya dimakan bersama shoyu (kecap asin) dan wasabi, coba aja sekali2 mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi sushi gak melulu pake ikan mentah ya mbak, ada varianya juga ternyata... saya sih pengen sekali aja nyobain sushi, tapi yang gak pake ikan mentah :D

      Hapus
    2. Kalau diganti ayam mentah mas,..😂😂😂

      Hapus
    3. Wow,..ayam bakar,.mantap mas kalau itu,..jangan lupa tambahkan sambalnya,..😄😄

      Hapus
    4. tambah sambal kecap pasti makin enak :D

      Hapus
  4. Wahhh paporit saya nih bang hehehe. Sushi ga cuma mentah bang ada yg dibakar juga ada yang udah mateng juga, cuma kalo sashimi pasti mentah kayanya. Saya biasanya beli sushi yang ada di jgc, disitu lumayan murah dan enak enak sushinya hehehe. Tapi kadang kalo saya bawa kerumah tuh pada ga doyan, katanya amis, bikin mual hehehehehe. Saran saya kalo pertama kali mau nyoba sushi yang mateng atau setengah mateng dulu jangan yang langsung mentah, kalp nanti udah biasa baru coba deh yang mentah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx bang infonya, saya juga pengen nyobain sebenernya, yang mateng dulu aja kali yaa, kalo yang mentah baru pertama mungkin agak enek gitu :D

      Hapus
    2. Iya enek kata ibu saya yang jarang mkan hehehe.

      Hapus
  5. Balasan
    1. udah itu di ahir poatingan :D

      Hapus
    2. Wah,..kalau ramen saya mau gan,..karena uenak tenan,..ha-ha 😂😀

      Hapus
    3. kalo ramen saya juga mau :D

      Hapus
  6. Makanan sushi memang enak di makan, pernah nyoba

    sekali saat ketemu ma clien ya teteh kandungku,

    tapi ternyata oh ternyata sushi ini bisa bikin

    kanker, jadi bahaya banget buat para cewek

    remaja, dewasa, ataupun orang tua.sebaiknya

    hindari makanan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kanker ini maksutnya kantong kering ya.. :D

      Hapus
  7. bukan kantong kering, tapi suatu penyakit yang

    menyerang wanita seperti kanker hati, kanker

    rahim, kanker payu dara, dll, makanya para

    wanita remaja, wanita dewasa, dan orang tua

    harus menghindari makanan siap saji tersebut,

    termasuk yang kamu sebutkan di atas. Paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh tak kirain becanda mbak heheh :D

      Hapus
    2. ternyata ada efek negatifnya ya dari makanan itu :)

      Hapus
  8. Menggugah selera ya mas melihatnya,..tapi enggak tahu rasanya,..lidah desa seperti saya enggak cocok sepertinya untuk makan ikan mentah,..he-he 😀😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih enak yang mateng aja ya bang :D

      Hapus
    2. Iya mas,..lidah kita orang indonesia mah sepertinya enggak serasi,..salah-salah nanti malah muntah 😂😂

      Hapus
    3. nah itu dia, kalo gak doyan mending gak usah di paksakan :D

      Hapus
  9. sayangnya makanan khas jepang sushi ini belum populer di indonsia ya.....

    Sebagian restoran restoran indo mungkin sudah menyediakan, tetapi belum begitu dikenal oleh masyarakat luas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, saya sendiri juga baru tau kemaren yang namanya sushi, atau mungkin aku nya yang kurang update :D

      Hapus
  10. Masih belum tega kalau makan sashimi, belum tega untuk memakan daging ikan mentah, dan belum tega buat bayar sendiri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi daging ikannya masih ada denyut jantungnya,..wkwkckk

      Hapus
    2. bang doel, makanya bareng ortu, nanti pasti dibayarin :D

      Hapus
    3. kuanyu, serem juga kalo masih ada denyut jantungnya :D

      Hapus
    4. Ikan masih hidup udah dipotong mas 😂😂😂

      Hapus
    5. kasian ikanya, di mutilasi :D

      Hapus
    6. ini kok jadi serem yah, mutilasi ikan

      Hapus
    7. iya kasian ikanya tuh, di potong2 :D

      Hapus
  11. Kalau saya malah pengen banget nyobain gimana rasanya yang mentah2..heheh cuma belum kesampaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mentah2 apa itu mbak, daging atau apa :D

      Hapus
  12. Saya pernah diajak makan di restoran Jepang di Mall Taman Anggrek Jakarta. Menunya benar-benar asli Jepang dan rasanya luar biasa uenak. Terutama sashimi dicocol kecap asin, mantap. Terus nyobain sushinya juga enak, cuma saya gak suka sama rasa wasabi, masih asing di mulut, sampe detik ini, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya baru kemaren kan bang, jadi masih terasa sampe detik ini :D

      Hapus
  13. Saya lebih minat dengan nasgor, bubur ayam he..he
    Klo dah ketemu itu gak pengen makanan lain gun

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa saya suga seneng banget tuh nasi goreng, salah satu makanan favorite saya bang :D

      Hapus
  14. Balasan
    1. makan bang kalo laper :D

      Hapus
    2. Makan-makanan yang enggak bisa lapar aja mas,..nakan batu mungkin atau makan besi 😂😂😂😂,..canda mas

      Hapus
    3. jangan lupa juga, nyemilnya makan pake paku heheh :D

      Hapus
    4. Ha-ha-ha,..makin serem aja mas khanif 😂😂😂😂,..jangan lupa ditutup dengan minumannya,..racun rumput segar 😂😂😂

      Hapus
  15. Huhuhu saya malah kebalikannya, saya kurang suka makanan yg begini. Paling enak sih ya nasi padang xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bang sekali-kali aja, siapa tau nagih wkwk :D

      Hapus
    2. Ea,..pencinta nasi padang nih,..sama kita 😀

      Hapus
  16. Duh lidah saya masih belum sanggup nyicipin ikan mentah hehehe. Dasar ndeso yah

    BalasHapus
  17. Sashimi enak! Pernah nyoba saya wowkwowkowwkwo

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat ya bang udah pernah nyobain sashimi :D

      Hapus
  18. Suka sih masakan Jepang .., tapii .. harus yang matang, hahaha 😆

    Kalau yang ikan mentah, masih belum 'tega' nelennya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak ramen gitu ya mas, suka ramen juga gak :D

      Hapus
    2. Wah,..kalau mas hima pasti makanannya nasi padang dan ekstra jos nih,..biar kuat dalam mengelilingi candi yang dikunjungi 😂😂😂

      Hapus
    3. wkwkwk bener juga yah :D

      Hapus
  19. Makanya saya tidak berani makan di restoran jepang. Bingung makannya, terbiasa makan dengan tangan.
    Kalau dengan supit tidak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga gak bisa makan pake supit, kadang ngerasa takjub sama orang yang bisa makan mie pake supit :D

      Hapus
    2. Enggak apa-apa mas,..makan pakai tangan aja,.jadi orang jepangnya heran,..😂😂

      Hapus
    3. orang jepang juga ada mas kalo makan pake tangan, waktu pernah nonton di tv :D

      Hapus
  20. aku jujur nggak suka keduanya bang di jepang aku malah suka dengan mie kalau rindu indomie aku ke mall beli ada banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. indomie laris gak mas disana :D

      Hapus
    2. Makan indomie kita,..memang kalau lidah yang sudah berkata tidak akan bisa dibohongi,..😂😂😂

      Hapus
    3. bener banget mas, lidah orang indonesia gak bisa di bohongi :D

      Hapus
    4. ya laris bang untuk para TKI soalnya mie ramen mereka sering mengandung mirin atau sake yang mengandung alkohol jadi dijauhi sama perkerja muslim

      Hapus
    5. TKI di jepang banyak ya bang

      Hapus
    6. Tki sering ya dengernya tapi tkl jarang dengernya atau tenaga kerja luar 😂😂😂

      Hapus
    7. tki tenaga kerja indonesia bang :D

      Hapus
  21. Balasan
    1. ada, tungguin aja, masih dalam proses, doakan :D

      Hapus
  22. makasih kak informasinya...
    mampir ke blog ana juga yaa

    BalasHapus
  23. Hahaha, saya malah sampai detik ini kepo dengan rasanya seblak.
    Kata orang, seblak itu enak, tapi pas liat modelnya, rasanya nggak tega buat dimakan hahaha.

    Saya paling doyan ramen, sushi juga sih, cuman nggak doyan bayarnya aja, hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. say suka ramen,...uenak tenan

      Hapus
    2. seblak itu enak mbak, apalagi yg kuah, harganya juga murah kok, cuma 10 ribuan :D

      Hapus
    3. kuanyu, kayaknya untuk kebanyakan orang memang suka ramen, termasuk aku :D

      Hapus
  24. makanan jepang sudah begitu populer ya di indonesia, kalau makanan koreea bagaimana ya,.he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanan korea aku belum pernah denger, atau gak tau, mungkin aku yang kurang update :D

      Hapus
  25. halo mas khanif, saya ingin pamitan, blog saya kena jigling mas dan setelah saya pertimbangkan jadi saya non aktifkan dulu kolom komentrnya dan semoga aja yang jigling dapat balasan yang setimpal ya,...kudoakan hidupnya enggak pernah berkah,..biarlah mereka menjigling dan biarkan karma mendatangi mereka dan say juga enggak akan bw lagi mungkin dan terima kasih kepada mas dan teman-teman yang selama ini sudah mau berkomentar di blog saya

    saya bukanlah orang yang baik tapi saya akan memberikan yang terbaik, jika mungkin ada kata-kata saya yang menyinggung perasaan dan hati, selama saya bw saya minta maaf dan saya akan tetap ngeblog

    dan bagi para pelaku jigling tunggulah karmanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuh, yang sabar bang kuanyu, semoga di lain waktu bisa kembali seperti semula, blog saya ini beberapa post rame kalo ada bang kuanyu yang komen, jadi pasti terasa kehilangan :(

      yang semangat bang :)

      Hapus
  26. Saya demen yang sushi.. masih 11 12 lah sama lemper.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lemper makanan kesukaan saya mas, apaplagi yang isian abon :D

      Hapus
  27. Sushi plus soy sauce dan wasabi mantap lah rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pasti udah sering makan sushi ya mas :D

      Hapus
  28. rata-rata makan jepang ini dagingnya setengah matang, bahkan ad ayang metnah juga jadi ane tidak pernah makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ada beberapa makanan dari jepang yang pake daging mentah, misalnya kayak sashimi :D

      Hapus
  29. Saya juga sering banget denger kata sushi... Apalagi kemarin beberapa waktu yang lalu ada sushi yang bisa menenggelamkan kapal kapal asing.. Bangga banget deh.. Bangga dengan adanya sushi di Indonesia ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan

Setiap orang pasti memiliki kenangan indah ataupun pahit, dimana setiap kenangan itu memiliki arti yang mendalam bagi orang tersebut.. gw pernah ada di satu waktu dimana gw tidak memperdulikan kenangan orang lain, bagi gw kenangan mereka hanyalah sebatas kenangan yang tidak ada hubunganya dengan gw, dan memang bener, karna gw tidak mengenal mereka, tapi semakin kesini gw semakin menyadari, gw ataupun mereka sama saja, kenangan yang mereka miliki sama berharganya dengan kenangan yang gw punya. Berawal dari perjalanan ke satu tempat pada waktu itu, gw melihat beberapa orang yang akan di tinggal pergi, mereka berpesan baik-baik disana, jaga kesehatan, sebuah kalimat sederhana yang mempunyai arti dalam, pada waktu itu gw sama sekali tidak menyadarinya, hingga gw tau semua itu sama halnya ketika orang tua gw berpesan yang sama. Berbicara tentang kenangan, saat ini apa yang gw lakukan mungkin akan jadi kenangan di kemudian hari, kenangan sedih pun terasa bahagia ketika berlalu..... dan tentu

Strawberry

Strawberry berlari mengejar jeruk, tetapi jeruk tak menghiraukanya dan terus berlari, strawberry semakin tertinggal jauh di belakang, lalu ia menagis tersedu-sedu, datanglah leci dengan sayap putihnya dari langit, ia tersenyum pada strawberry dan membawanya terbang ke langit biru, ke sebuah tempat dimana hanya ada bahagia, sebuah daratan di atas langit bernama sky paradise, tempat dimana orang-orang tertawa bebas. ***** Dibalik awan-awan putih itu, strawberry duduk melihat indahnya pemandangan, ia melihat jeruk yang masih berlari tanpa seorangpun yang mengejarnya, ia teringat pertama kali bertemu jeruk, saat itu jeruk tertawa meringis memperlihatkan giginya yang ompong, kemudian ia berlari mengeliingi sekolahan, pada saat itu berlari adalah hobi jeruk, ia ingin menjadi pelari international katanya. Cinta pada pandangan pertama strawberry pada jeruk, membuatnya lupa kalau dunia itu indah, karna jeruk tak pernah menyukai strawberry, dunia yang harusnya indah menjadi kelam, sejak saat itu

Permainan Iblis

Di suatu kota tanpa nama, hiduplah seorang laki-laki bernama frank, dia adalah bajingan, preman yang suka meneror warga, tiap malam membegal orang-orang yang lewat di jalan, suatu malam ketika dia sedang mencari mangsa, sial ketika itu, sebuah mobil truck menabraknya hingga mati, supir truck pun langsung kabur melihat frank yang mati penuh darah, tak ada yang menolongnya, berhari-hari tubuhnya membusuk dimakan binatang buas. Frank menjadi hantu penunggu jalan, jiwanya terjebak dan tersiksa selamanya hingga hari penghakiman, hingga datanglah iblis padanya, "hai frank, apakah kau baik-baik saja.." sapa iblis pada frank... "apakah kau tidak bisa melihat, aku disini tersiksa dan tidak bisa keluar bodoh !!" iblis itu tersenyum dan menawarkan sesuatu pada frank. - Iblis: apakah kau ingin kesempatan kedua, frank ? - Frank: apa yang kau maksut kesempatan kedua. - Iblis: apakah kau ingin hidup kembali ?, kau bisa memperbaiki hidupmu di masa lalu yang menyedihkan itu, menjadi