Langsung ke konten utama

Takbir Keliling


Di tempatku tiap malem lebaran pasti di adain yang namanya lomba takbir keliling, kayak sebuah tradisi tiap malem lebaran, lomba takbiran keliling desa dengan membawa obor dan lampu-lampu hias, terus ada juga kayak patung gitu, miniatur hewan kayak ular naga dan gajah, masjid, kapal, dan juga rumah-rumahan, yang di pasangi dengan lampu hias.

Lombanya sendiri di bagi tiap anggota mesjid, misalnya saja di satu desa mempunyai beberapa mesjid, tiap mesjid nanti akan membuat satu miniatur, bisa hewan, bangunan mesjid, atau kapal, atau apapun sekreatif mungkin, kemudian akan di lombakan dengan miniatur dari mesjid lain, nilainya di ambil dari miniatur mana yang paling bagus, kemudian dari team perwakilan mesjid itu sendiri, kekompakan team, seragam, baris berbaris, sampai lampu-lampu hiasnya.

Lomba Takbir Keliling


Lomba Takbir Keliling

Seru sih, dulu waktu kecil aku paling seneng banget ikutan, cuma setelah dewasa rada males, karna capek keliling desa, udah jalan kaki sambil bawa obor.. kalo sekarang lebih suka nonton aja sambil foto-foto gitu, kemudian upload di sosial media :D.. oiya pemenangnya nanti di kasih hadiah piala, beberapa kitab al quran, dan juga sejumblah uang.

Komentar

  1. Seru banget ya.. saya yang tidak merayakan ikut senang lihatnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga ikut seneng kalo masnya seneng wk :D

      Hapus
  2. Kalo bosan jalan kaki mungkin bisa diganti naik kendaraan aja bang, ditempat saya dulu juga gitu tapi terus ganti pake pickup

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah mas di angkut pake truck, cuma ada yang jalan kaki, biasanya itu yang bawa obor, kan gak bisa kalo naik truck :D

      Hapus
  3. kapan ya saya bisa takbir keliling serasa terakhir ikutan waktu masih kecil sama sob😃

    BalasHapus
  4. Saya waktu kecil cuman bisa ikutan nonton dari rumah hahha
    Gak dibolehin ikutan.
    Tapi sekarang udah jarang ya pawai gitu, keganti ama petasan yang bikin shock :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulam petasan waktu bulan puasa kemaren udah agak berkurang, malah bisa dibilang sepi petasan, kalo kembang api gitu masih rame mbak :D

      Hapus
    2. Kalau saya kecil dulu belum ada petasan yang ada hanya bedil,..entak kenapa tiba-tiba saya merasa tua 😂

      Hapus
    3. tua gpp mas, asal jiwa masih muda :D

      Hapus
  5. Sayang di tempatku ga ada tu pawai obor keliling.. Pdhl seru kayaknya yaa.. Aplgi sambil nabuh bedug takbiran.... Dulu zaman msh kecil sih pernah ada

    BalasHapus
  6. wah ini seru bangget, di kampungku ga ada begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untunglah dikampung saya ada,..ea jafi bisa merasakan indahnya malam takbiran,..mas yuk gabung ke desa kami aja,..ea 😀

      Hapus
    2. hahaha iya ini sepi, apalagi suara takbiran aja ga kedengeran sama sekali mas

      Hapus
    3. mas fikri, emang tinggal dimana sih :D

      Hapus
    4. kuanyu, boleh juga, saya sebenernya juga kepikiran pengen pindah desa, pindah rumah gitu, karna di desa saya yang sekarang udah rada bosen wkwkwk :D

      Hapus
    5. Wah,..boleh juga tuh mas,.didesa kami masih banyak loh tempat kosong,..ea, nanti kita buat desa blogger kece,..wkwkckk 😂😂

      Hapus
    6. desa blogger kayaknya keren juga bang :D

      Hapus
    7. Penginapan blogger atau mungkin apartemen blogger,..wah mantap 😁😂😂

      Hapus
    8. ide bagus bang, nanti kita buat disana wkwkk..

      Hapus
  7. Ini tradisi yang tidak boleh pupus, mesti dilestarikan dari generasi ke generasi...asik banget kalo saya bisa ikutan gabung :)

    Minal aidin walfaizin ya mas Khanif

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, minal aidin walfaizin juga :)

      Hapus
  8. Malam takbiran memang seru banget ya gan,..ditempat saya biasanya dimulai sekitaran jam sembilan,..pokoknya suara kembang apinya,..wow membahana dan yang lebih kerennya satu kampung turun ke jalan 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. jam sembilan apa gak kemaleman itu bang, di tempat saya jam enam abis maghrib itu udah mulai takbiran :D

      Hapus
    2. Enggak mas,.serius,..jam segitupun baru mulainya 😂😂😂, suara petasannya, ampun dah,..luar biasa

      Hapus
    3. petasan memang sudah kayak jadi tradisi sih bang tiap bulan puasa, dulu temen-temenku berlomba buat petasan yang paling kenceng suaranya :D

      Hapus
  9. Sama gan , Di tempat saya juga masih ada takbir keliling. Dari saat saya masih kecil hingga sekarang takbir keliling masih ada..


    Saya Punya Ini What's On Your Mind Silahkan datang ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling enak dengernya dari takbir keliling adalah kata,..sahur-sahur,..tapi mulainya jam 09.00 mslem,..orang udah buka puasa,..tapi tetap kerasa asiknya

      Hapus
  10. jadi kangen masa kecil. Gak ada capenya keliling sampe pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo waktu kecil sih gak capek, gantian udah gede capek suruh keliling desa :D

      Hapus
    2. Waktu kecil rasanya saya ini paling angkuh dan aktif tapi bertambahnya usia saya sadar hidup itu singkat,..#tobat 😂😂,..udah enggak seaktif dulu

      Hapus
    3. semakin tambah usia semakin jadi lebih baik bang :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan

Setiap orang pasti memiliki kenangan indah ataupun pahit, dimana setiap kenangan itu memiliki arti yang mendalam bagi orang tersebut.. gw pernah ada di satu waktu dimana gw tidak memperdulikan kenangan orang lain, bagi gw kenangan mereka hanyalah sebatas kenangan yang tidak ada hubunganya dengan gw, dan memang bener, karna gw tidak mengenal mereka, tapi semakin kesini gw semakin menyadari, gw ataupun mereka sama saja, kenangan yang mereka miliki sama berharganya dengan kenangan yang gw punya. Berawal dari perjalanan ke satu tempat pada waktu itu, gw melihat beberapa orang yang akan di tinggal pergi, mereka berpesan baik-baik disana, jaga kesehatan, sebuah kalimat sederhana yang mempunyai arti dalam, pada waktu itu gw sama sekali tidak menyadarinya, hingga gw tau semua itu sama halnya ketika orang tua gw berpesan yang sama. Berbicara tentang kenangan, saat ini apa yang gw lakukan mungkin akan jadi kenangan di kemudian hari, kenangan sedih pun terasa bahagia ketika berlalu..... dan tentu

Strawberry

Strawberry berlari mengejar jeruk, tetapi jeruk tak menghiraukanya dan terus berlari, strawberry semakin tertinggal jauh di belakang, lalu ia menagis tersedu-sedu, datanglah leci dengan sayap putihnya dari langit, ia tersenyum pada strawberry dan membawanya terbang ke langit biru, ke sebuah tempat dimana hanya ada bahagia, sebuah daratan di atas langit bernama sky paradise, tempat dimana orang-orang tertawa bebas. ***** Dibalik awan-awan putih itu, strawberry duduk melihat indahnya pemandangan, ia melihat jeruk yang masih berlari tanpa seorangpun yang mengejarnya, ia teringat pertama kali bertemu jeruk, saat itu jeruk tertawa meringis memperlihatkan giginya yang ompong, kemudian ia berlari mengeliingi sekolahan, pada saat itu berlari adalah hobi jeruk, ia ingin menjadi pelari international katanya. Cinta pada pandangan pertama strawberry pada jeruk, membuatnya lupa kalau dunia itu indah, karna jeruk tak pernah menyukai strawberry, dunia yang harusnya indah menjadi kelam, sejak saat itu

Permainan Iblis

Di suatu kota tanpa nama, hiduplah seorang laki-laki bernama frank, dia adalah bajingan, preman yang suka meneror warga, tiap malam membegal orang-orang yang lewat di jalan, suatu malam ketika dia sedang mencari mangsa, sial ketika itu, sebuah mobil truck menabraknya hingga mati, supir truck pun langsung kabur melihat frank yang mati penuh darah, tak ada yang menolongnya, berhari-hari tubuhnya membusuk dimakan binatang buas. Frank menjadi hantu penunggu jalan, jiwanya terjebak dan tersiksa selamanya hingga hari penghakiman, hingga datanglah iblis padanya, "hai frank, apakah kau baik-baik saja.." sapa iblis pada frank... "apakah kau tidak bisa melihat, aku disini tersiksa dan tidak bisa keluar bodoh !!" iblis itu tersenyum dan menawarkan sesuatu pada frank. - Iblis: apakah kau ingin kesempatan kedua, frank ? - Frank: apa yang kau maksut kesempatan kedua. - Iblis: apakah kau ingin hidup kembali ?, kau bisa memperbaiki hidupmu di masa lalu yang menyedihkan itu, menjadi