Langsung ke konten utama

Iba

Gw pernah ada di suatu tempat, dimana di tempat itu gw kenal dengan ibu-ibu yang udah tua banget, umurnya udah 60 taun lebih sepertinya, dia tinggal sendiri, suaminya udah meninggal, anak-anaknya udah berkeluarga dan udah punya rumah sendiri-sendiri.. biasanya gw lihat ibu itu sewaktu pagi dan siang, dia nyapu ngebersihin halaman rumah, kemudian jam 8 pagi anak pertamanya dateng dengan membawakan sebungkus nasi sarapan, cuma bentar kemudian anaknya pergi pulang kerumahnya.

Siang harinya kebetulan gw memang numpang istirahat di teras rumahnya, biasanya ibu itu ngebuatin gw kopi meski gw gak minta, mau di tolak juga gak enak karna udah dibuat, dia sambil cerita, ibu itu punya anak tiga perempuan dan semuanya udah nikah dan ikut suaminya, kemudian suami ibu itu yang udah meninggal berapa taun lalu.. rumah anak-anaknga sebenernya gak begitu jauh, cuma mereka jarang kerumah ibunya itu, gw gak tau mungkin sibuk dengan urusan keluarganya sendiri-sendiri..

Kira-kira sebulan lebih gw kalo siang istirahat dirumah ibu itu, gw ngelihat keseharianya yang cuma sendiri, dia bener-bener sendirian, rumahnya juga tergolong di pojokan desa.. gw kadang cuma ngebayangin, gimana rasanya jadi ibu itu tinggal sendiri, pasti kesepian banget hidupnya di umurnya yang udah tua itu, dan rasa yang susah gw tulis.. gw jadi ngerasa iba.

Ke dua adalah cerita ponakan gw sendiri, umurnya masih empat taunan, dia itu kadang suka di jailin sama temen dan ponakan gw yang lain, bahkan kadang juga gak di ajakin main, sekalipun di ajak main dia selalu yang di salah-salahin, kadang gw iba dan kasian banget ngelihatnya, pengen gw puk puk beliin balon dan es krim biar dia seneng :D.

Ketiga ini adalah temen gw kerja, bisa di bilang temen gw ini adalah yang paling nyebelin, suka cari muka di depan boss, lo pasti tau kan gimana rasanya kalau punya temen kerja yang hobinya tuh nyari yang baik-baiknya aja di depan si boss, pasti nyebelin banget, cuman gw pernah lihat sekali, dia dimarahin parah sama si boss, wkwk ketawa ngakak gw di dalem hati.. tapi yah meskipun temen kerja yang nyebelin, kadang gw kasian banget ngelihat dia di marahin kayak gitu, dan bukan cuma di depan gw aja, tapi di depan semua temen gw kerja, pasti malu banget rasanya.

Dan terahir adalah boss gw sendiri, dia itu tipe orang yang galak banget, kerja salah dikit pasti di omelin, suka marah-marah, pokonya boss gw ini galak banget, super pedes kalo ngomong dan marahin anak buahnya, sampai anak buahnya tuh gak betah kerja sama dia dan pada keluar sendiri-sendiri.. cuman sekali lagi, segalak-galaknya boss kalian, dia pasti akan ngerasa nelangsa kalau semua kerjaanya itu gak sesuai target.. gw kasihan banget pas ngelihat dia kayak gitu, pengen gw puk puk dan gw beliin balon dan es krim biar seneng wkwkw, bercanda nih, kalo boss gw baca bisa di pecat nanti :D.

Sebenernya sih gw bukan tipe orang yang gampang iba melihat keadaan orang lain, gw bukan tipe orang yang suka ngebantu kalau ada orang lain kesusahan, karna gw gak punya sesuatu apapun itu untuk di berikan ke orang yang butuh bantuan itu.. cuma pastinya yang namanya hidup lo pasti pernah ngerasa iba dengan keadaan orang lain, meski dia itu orang yang sangat lo sebelin sekalipun.


Komentar

  1. Ya Allah kasian bgt ya kak ibu itu. Semoga selalu sehat dan diberi-Nya perlindungan. yang penting lagi anak-anaknya semoga dibuka hatinya, paling nggak tip hari kek disempetin mampir ke ibunya, apalagi satu kota. suka bingug aku sama anak yang gak peduli sama ibunya sendiri. beneran ajaib hikss #ikutaniba

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasian banget memang, gw kalo inget pas disitu suka ngebayangin gimana rasanya hidup sendiri

      Hapus
  2. Manusiawi kalau kita iba sama orang berarti kita masih punya hati daripada tak merasa iba sama sekali, ya kan :)

    BalasHapus
  3. Kadang aku juga iba melihat ada orang tua yang tinggal sendiri, padahal dia punya anak. Bagaimana kalo dia sakit parah dll 😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia masalahnya bang, buat ngingetin kita sama orang tua nanti gak kayak gitu

      Hapus
    2. Tapi sekarang banyak anak yang sibuk sama pekerjaan nya sendiri, nengok ortu juga jarang..😰

      Hapus
    3. iya sih, itu yang gak patut di tiru :)

      Hapus
    4. Agus ibah kalau sama Janda doang nif.😂😂😂😂 Terlebih perawan.😂😂

      Hapus
    5. wkwkwk.. jangan pilih-pilih gitu mas agus kalo iba :D

      Hapus
    6. Bukannya janda janda tua dan anak yatim harus dikasihani kang?

      Jangan seperti kang satria, sukanya sama Bambang...🏃🏃🏃

      Hapus
    7. wah bener juga bang, apalagi yang janda-janda muda, itu yang bener harus dikasihani :D

      Hapus
  4. Artinya mas punya empati dan itu baik

    BalasHapus
  5. waduh, saya kok jadi pengen beli tisu ya, ya buat lapin laptop saya yang berdebu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa sekalian bang di cuci tu laptopnya biar bersih :D

      Hapus
  6. Kelima. Nggak iba sama aku nih mas? Wkwkw
    Btw ku auto bayangin kl tua besok hidup semdorian macam ibu2 itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sampai ya mbak hidup sendiri, pasti rasanya menyiksa banget :)

      Hapus
  7. Empatimu bagus nif...Meski terkadang hati kecil kita berkata gw iba, Tetapi bisa apa gw.

    Intinya kita mendengar sang ibu curhat.kita sudah bisa membantu keluh kesahnya. Apa lagi udah dibuatkan kopi..😂😂

    Yaa mungkin itulah contoh kehidupan dari tadinya tega bisa jadi iba. Atau kebalikannya.😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, membantu itu gak harus memberi, bisa aja dengan denger ceritanya bisa sedikit menghilangkan sedikit masalahnya :)

      Hapus
  8. Mau dong dikasih balon juga sama eskrim nya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini bang kalo mau, ntar gw beliin balon merah kuning ijo di langit yang biru :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan

Setiap orang pasti memiliki kenangan indah ataupun pahit, dimana setiap kenangan itu memiliki arti yang mendalam bagi orang tersebut.. gw pernah ada di satu waktu dimana gw tidak memperdulikan kenangan orang lain, bagi gw kenangan mereka hanyalah sebatas kenangan yang tidak ada hubunganya dengan gw, dan memang bener, karna gw tidak mengenal mereka, tapi semakin kesini gw semakin menyadari, gw ataupun mereka sama saja, kenangan yang mereka miliki sama berharganya dengan kenangan yang gw punya. Berawal dari perjalanan ke satu tempat pada waktu itu, gw melihat beberapa orang yang akan di tinggal pergi, mereka berpesan baik-baik disana, jaga kesehatan, sebuah kalimat sederhana yang mempunyai arti dalam, pada waktu itu gw sama sekali tidak menyadarinya, hingga gw tau semua itu sama halnya ketika orang tua gw berpesan yang sama. Berbicara tentang kenangan, saat ini apa yang gw lakukan mungkin akan jadi kenangan di kemudian hari, kenangan sedih pun terasa bahagia ketika berlalu..... dan tentu

Strawberry

Strawberry berlari mengejar jeruk, tetapi jeruk tak menghiraukanya dan terus berlari, strawberry semakin tertinggal jauh di belakang, lalu ia menagis tersedu-sedu, datanglah leci dengan sayap putihnya dari langit, ia tersenyum pada strawberry dan membawanya terbang ke langit biru, ke sebuah tempat dimana hanya ada bahagia, sebuah daratan di atas langit bernama sky paradise, tempat dimana orang-orang tertawa bebas. ***** Dibalik awan-awan putih itu, strawberry duduk melihat indahnya pemandangan, ia melihat jeruk yang masih berlari tanpa seorangpun yang mengejarnya, ia teringat pertama kali bertemu jeruk, saat itu jeruk tertawa meringis memperlihatkan giginya yang ompong, kemudian ia berlari mengeliingi sekolahan, pada saat itu berlari adalah hobi jeruk, ia ingin menjadi pelari international katanya. Cinta pada pandangan pertama strawberry pada jeruk, membuatnya lupa kalau dunia itu indah, karna jeruk tak pernah menyukai strawberry, dunia yang harusnya indah menjadi kelam, sejak saat itu

Permainan Iblis

Di suatu kota tanpa nama, hiduplah seorang laki-laki bernama frank, dia adalah bajingan, preman yang suka meneror warga, tiap malam membegal orang-orang yang lewat di jalan, suatu malam ketika dia sedang mencari mangsa, sial ketika itu, sebuah mobil truck menabraknya hingga mati, supir truck pun langsung kabur melihat frank yang mati penuh darah, tak ada yang menolongnya, berhari-hari tubuhnya membusuk dimakan binatang buas. Frank menjadi hantu penunggu jalan, jiwanya terjebak dan tersiksa selamanya hingga hari penghakiman, hingga datanglah iblis padanya, "hai frank, apakah kau baik-baik saja.." sapa iblis pada frank... "apakah kau tidak bisa melihat, aku disini tersiksa dan tidak bisa keluar bodoh !!" iblis itu tersenyum dan menawarkan sesuatu pada frank. - Iblis: apakah kau ingin kesempatan kedua, frank ? - Frank: apa yang kau maksut kesempatan kedua. - Iblis: apakah kau ingin hidup kembali ?, kau bisa memperbaiki hidupmu di masa lalu yang menyedihkan itu, menjadi