Langsung ke konten utama

Naik Naik Ke Puncak Gunung

Berbicara tentang naik gunung sebenarnya gw punya hobi terpendam yaitu adalah mendaki gunung hahaha, gak percaya kan kalian : D, memang selama ini gak pernah cerita, dan baru akan gw ceritakan sekarang hahaha.. banyak ketawa deh lu.. berawal dari kemarin waktu nonton satu video mendaki gunung di channel youtube, lupa gw nama channelnya, jadi seperti mengingatkan kalo ternyata gw suka dengan aktivitas mendaki gunung, tapi karna minimnya pengetahuan, jadinya cuma hobi yang gak pernah gw lakukan.

Sebenernya waktu smp dulu pernah naik gunung di daerah gw sendiri, gunung nya gak terlalu tinggi-tinggi banget, nama gunungnya apa gitu gw lupa, tapi sepertinya memang gunungnya gak ada namanya :D.. waktu itu gw sama temen yang kebetulan dia rumahnya ada di bawah kaki gunung itu, jadi dia tau banget rute perjalananya.. dia temen gw sekolah, nasibnya sekarang sama seperti gw belum laku cwe wkwkwk.. tapi gak tau juga kalo temen gw ini diem-diem menyembunyikan pacar, tau-tau kirim undangan pernikahan.

Gak sampai setengah hari gw udah ada di puncak, lihat pemandangnya keren banget, gw lihat lautan yang kalo di lihat dari atas itu punya feel yang beda.. pokonya keren banget sih ah, terus gw lihat daerah rumah gw dari atas gunung, ternyata gak kelihatan :D.. dan ternyata kalo dilihat dari atas seperti masih banyak pepohonan, padahal aslinya bangunan rumah semua :D, memang kalo dilihat dari atas semua terlihat kecil, ini juga seperti mengingatkan kita, di mata yang kuasa kita cuma kecil seperti butiran debu, jadi jangan macem-macem dan banyak tingkah :D.


Sebenarnya dulu waktu smp juga ada kegiatan haking, tiap akhir semsester jalan-jalan ke daerah pegunungan, buat refreshing gitu kata pak gurunya, tapi banyak juga temen yang males ikut, ngapain jalan-jalan ke gunung, yang ada malah bikin capek.. waktu itu kita jalan di daerah pegunungan muria, kita ke tempat air terjun yang namanya songgo langit, view nya lumayan keren, banyak temen gw yang mandi di situ dan berenang-renang bebas, padahal lumayan dalem loh, gw aja gak berani, karna memang gak bisa renang :D.

Tapi sempet waktu itu gw pengen ikutan renang, gaya dong di depan temen cwe, udah buka baju segala, udah siap-siap mau lompat, tapi akhirnya gak jadi, takutnya kalo udah lompat terus gak bisa balik ke permukaan dan tenggelam kan memalukan, dan ngerepotin juga kalo sampai kenapa-kenapa.


Di tahun kedua kegiatan haking sekolah masih jalan di sekitaran gunung muria, waktu itu destinasinya ke kali ombo, kalo bahasa indonesia namanya sungai yang lebar, kali sama dengan sungai, ombo sama dengan lebar, jadi sungai yang lebar... sebenernya sungainya gak lebar-lebar banget, biasa aja menurut gw, cuman disini memang tempatnya dingin banget, dulu sewaktu gw kerja di desa tempur, kalo sudah memasuki daerah kali ombo pasti dingin banget.

Di kali ombo yang terkenal menurut gw adalah jembatanya, tempat berfoto-foto, pastinya yang hobi foto, gw sih enggak, malu gw di depan kamera, di depan kamera aja mau apalagi di depan cwe.. dulu tiap sore waktu pulang kerja dari desa tempur pasti nemu satu atau dua cwe yang foto-foto disitu, memang ikonik banget jembatan kali ombo :D.. sebenernya jembatanya biasa aja, gw sendiri juga gak tau kenapa pada seneng foto disitu.

Sewaktu dulu pas smp saat ke kali ombo keadanya beda dari sekarang, jembatanya saat itu masih kayu, dan gak setinggi sekarang, katanya sih dulu pernah ada banjir gede yang menghanyutkan jembatan itu, dan bahkan banyak orang di desa tempur yang rumahnya kebanjiran.


Sampai sekarang sepertinya gw pengen banget bisa naik-naik gunung, gw kepengen ngerasain ada di puncak, terus perjalanan mendakinya juga sepertinya menyenagkan, gw tau itu bakalan capek, tapi paling enggak semua akan terbayar setelah ada di puncak melihat pemandangan yang keren :D, sotoy banget ah, belum tentu lu kuat juga naik gunung, yang ada baru setengah perjalan udah minta pulang :D.. oh iya gw baru inget, chanel youtube yang gw tonton adalah slacker hiker, hostnya cantik, sebenernya ini salah satu alasan gw nonton videonya.

Komentar

  1. saya sih trakhir naik kawah ijen aja
    hehe

    BalasHapus
  2. laaaaa baru kemarenan gw nonton slacker hiker yg hostnya cewek tomboy tapi cuanteek hihi, gw nonton yg dia pas mendaki di gunung arjuno via purwosari yg katanya mistis

    sebenernya dalam kurun 2 minggu ini gw lagi marathon banyak channel youtubenya pendaki karena ada kejadian tewasnya pendaki yang di gunung lawu beberapa pekan lalu nif, walhasil gw jadi terdampar di banyak channel pendaki dan ikut menikmati streamingan berbagai gunung yang ada di indonesia ..mana gw terpesona sama liputan gunung argopura, arjuno yang ada alas lali jiwo, lawu, semeru, raung, welirang, merbabu, slamet, dll
    ada pula gw ngliat channel yang ngebahas dari sisi pengalaman mistisnya nif, silakan kepoin channel kembara sunyi, rekam media yang wawancara orang bisa sukses kluar dari dimensi lain pas ndaki di gunung slamet, ama samawe adventures, asliii dong dari kemaren gw nontonin channelnya satu satu hahahhaha

    betewe, gunung muria bukannya termasuknya tinggi ya di jateng

    o klo yang buat hiking mah sama kayak gunung tempat gw wide game acara pramuka dan pmr, jadi tuh kami anak kelas 1 sma waktu itu ada acara wajib pmr pramuka pas akhir semester yaitu ndaki gunung, kalau ga salah namanya gunung kempreng, lokasinya ada di bukit belakang Sma gw,ga tinggi juga, tapi seruuuu kayak berpetualang gitu, tapi sambil bawa peralatan pramuka dan pmr misal tongkat, tali temali, p3k, dll...nanti ada acara susur sungainya juga sambil pura puranya bawa tandu dan ngangkat salah satu anggota yang disuruh rebahan di atas tandu itu, ntar dinilai ama senior di pos pos yang kami musti datengin, biasanya ada acara kesasarnya segala lagi, apalagi peta untuk menuju ke pos posnya kan dikasih sandi atau kode kode, tapi kalau uda nyampe di atas dan posnya uda kelar kami selesaikan semua ya lega rasanya, pulangnya sih yang tinggal nge es nge es aja abis kepanasan di puncaknya pas siang bolong hahhaha dan kalau kegiatan itu uda kelar biasanya kulit langsung pada gosong hahha, jaman pmr pramuka ampun deh senior gw hobi banget njemur juniornya panas panasan ckckkckck

    btw kocak juga nif yang di kali ombo, uda belagak mau nyebur e ga jadi karena takut tenggelam, padahal mau tepe tepe ama teman cewe hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gw udah hampir semua videonya tak tonton, ketagihan sama hostnya :D, memang sedikit tomboy ya, dan kayaknya mudah akrab dengan pendaki lain yang di temui di jalan

      gw baru ngikutin satu channel aja sih mbak mbul, kalo kebanyakan ngikutin channel gitu malah jadi pusing, tekor kuota internetnya, maklum gak ada wifi :D.. kemaren gw juga denger berita pendaki yang ilang di gunung, memang setiap gunung sisi miatianya pasti ada, biasanya gw denger itu dari channel miatis kayak kisah tanah jawa :D

      iya gunung muria salah satu gunung tertinggi di sekitaran jepara tok :D, kalo di daerah gw itu nama puncak tertingginya puncak songolikur, tiap satu suro biasanya banyak yang mendaki, yang gw tau puncaknya termasuk mistis

      pas smp gw cuma ada program hiking aja tiap tahunya, kalo pramuka dan pmr gitu kayaknya di sekolah gw belum ada, maklum dulu gw sekolahnya di swasta yang biasa biasa aja, jarang ada kegiatan extra... hahaha iya sih dulu pernah mau renang gitu ceritanya, tapi gak jadi karna cukup dalem, takut kalo gak tenggelem gak busa balik :D

      Hapus
    2. Eh kisah tanah jawa mah favoritku banget nih
      Yang hostnya om hao kan
      Logatnya medok tapi dia ga ngebahas sisi mistis dan wingitnya suatu tempat aja, melainkan dari sisi sejarahnya juga
      Gw juga udah tamat nontonin channelnya kisah tanah jawa hehe

      Hapus
    3. wah mbak ternyata tontonan kita di youtube banyak yang samaan ya, gw juga suka nonton kisah tanah jawa, paling suka kalo dengerin om hao lagi ceramah :D

      Hapus
  3. Kalau gitu .., yuk diatur jadwalnya kita barengan mendaki gunung yang ngga gitu tinggi (katanyaa) di kabupaten Magelang, mas.
    Namanya gunung Andong.
    Banyak yang cerita pemandantan disana spektakular loh, ditambah juga jalur puncaknya cuma sebatas sejengkalan kiri kanannya jurang ..

    Tadi nama air terjun Songgo Langit disebut penasaranlah saiaaa .. ternyata di Dukuh Nglencer ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pengen banget gw mas mendaki gunung gitu, mungkin buat pemula yang aman-aman aja ya mendakinya, kali mwndaki sampai beberapa hari gitu belum ngerti persiapan dan perlengkapanya

      iya mas him nama air terjun nya songgo langit, kalo dukuhnya gw malah gak tau :D, terahir kesana sih ya oas smp itu, setelah itu gaknoernah lagi kesana :D

      Hapus
    2. Iyaah aku seumur-umur juga belom pernah yang namanya nginep pake tenda di gunung :(.

      Tapi kalo nginep di rumah penduduk desa yang di berada di dekat puncak gunung pernah :).
      Waktu itu aku juga masih kecil diajak kakekku dan papaku melihat kebun tembakau yang akan dibeli.

      Hapus
  4. senengnya bisa liat ijo2 begitu,
    udah lama gak ngelihat suasana hijau pegunungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sekali-kali kudu main ke gunung mas, biar bisa liat yang ijo-ijo :D

      Hapus
  5. Pengen nangis gitu pas kalimat "hobi yang gak pernah gw lakukan." T_T

    Kalo saya sendiri mah belom pernah sama sekali naik gunung, paling mentok di kaki gunung buat selfie ala-ala hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. meski di kaki gunung tapi di tetep di gunung namanya kan :D

      Hapus
  6. Saya juga pengin naik gunung tapi kadang susah karena sekarang punya anak istri. Mau naik gunung sendirian juga ngga enak tapi membawa anak istri ya ngga mungkin apalagi anaknya masih kecil.

    Jadi kangen waktu kecil saya sering naik gunung tiap hari. Iya, tiap hari saya ke gunung Sahari lho, keren kan.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. anaknya yinggal titipin neneknya, istrinya di ajak mas naik gunung, udaranya sejuk di puncak, sambil pacaran ma istri :D

      Hapus
    2. Hahaha ..
      Ke gunung sahari mah naik odong-odong keliling juga nyampeee 😂

      Hapus
    3. Hahaha. Nah, mas Himawan mah pasti tahu gunung Sahari.😁

      Hapus
  7. Ha..ha...saya dulu juga hobi banget naik-naik turuk bukit tapi😂 emang pemandangan di gunung bagus banget sih, saya juga suka liburan ke pegunungan tapi kalau mendaki gunung kayaknya udah nggak kuat. Sesak nafas di perjalanan. Efek kelamaan kemana-mana naik motor nggak pernah jalan kaki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha jadi seger gitu ya kalo liburan ke gunung, udaranya masih sejuk, dan oastinya buat refresing juga :D

      Hapus
  8. Naik gunung itu beneran menyiksa paha dan betis, auto berotot jadinya paha dan betis. Tapi terbayar dengan pemandangan diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas, pemandangan itu yang gak bisa tergantikan :D

      Hapus
  9. kiri dan kanan banyak pohon cemara....sungguh tidak islami, kata tetangga sebelah mah.....wkwkwkwk

    BalasHapus
  10. waaaaa aku SMP malah blm kenal main mas, serius. wkwkwk. diizinin naik gunung umur 19 tahun, inget banget gunung Prau itu pun adekku kelas 2 SMA ikut, wkwkwk
    memang ya pandemi gini bikin keinget yang indah2, ulalal tos dulu kita samaan ga bisa berenang, akakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu smp itu karna acara sekolah mbak, jadi di bolehin orang tua, lagian berangkatnya bareng bapak dan ibu guru :D

      haha gak bisa berenang juga ya, kadang agak malu kalo cerita gitu :D

      Hapus
  11. Dulu pas di Aceh, belakang rumahku ada gunung kecil mas. Dibilang gunung kekecilan , tp kalo bukit kegedean hahahha. Apa yg cocok ya sebutannya :D.

    Naah itu ada jalur naiknya sampe ke puncak. Beberapa kali aku hiking Ama papa sampe ke atas. Dulu masih kuat. Ga tau kalo skr :D.

    Soalnya pas aku ke Dieng, pernah nyoba naik puncak sikunir. Cuma sampe pos 1 dan aku tepar dong hahahahahah. Ya Allah stamina turun bangetttttt . Keliatan ga prnh olahraga dulu. Setelah itu aku ga prnh naik gunung apapun lagi. :D.

    Pengen sbnrnya, apalagi bbrp temenku ada yg pendaki gunung profesional, yg mainannya udah sampe Everest sana Ama teamnya. Sama Wanadri waktu itu :D. Tapi ga pengen juga sih niru dia. Blm sampe Everest kurasa udah meninggal duluan :p hihihihi.

    BalasHapus
  12. mungkin namanya bisa dibilang gunung bukit, atau bukit gunung, yah apapun itulah :D.. ayo semangat lagi buat naik gunung, siapa tau menyehatkan lho setelah naik gunung lagi hehe, padahal gw juga belum tentu kuat naik gunung :D

    nah itu mbaknya punya temen pendaki, mungkin bisa belajar tips dan tricknya biar gak gampang capek waktu naik gunung :D.. btw everest salah satu gunung tertinggi di dunia ya, wah berarti mantab banget memenag temenya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan

Setiap orang pasti memiliki kenangan indah ataupun pahit, dimana setiap kenangan itu memiliki arti yang mendalam bagi orang tersebut.. gw pernah ada di satu waktu dimana gw tidak memperdulikan kenangan orang lain, bagi gw kenangan mereka hanyalah sebatas kenangan yang tidak ada hubunganya dengan gw, dan memang bener, karna gw tidak mengenal mereka, tapi semakin kesini gw semakin menyadari, gw ataupun mereka sama saja, kenangan yang mereka miliki sama berharganya dengan kenangan yang gw punya. Berawal dari perjalanan ke satu tempat pada waktu itu, gw melihat beberapa orang yang akan di tinggal pergi, mereka berpesan baik-baik disana, jaga kesehatan, sebuah kalimat sederhana yang mempunyai arti dalam, pada waktu itu gw sama sekali tidak menyadarinya, hingga gw tau semua itu sama halnya ketika orang tua gw berpesan yang sama. Berbicara tentang kenangan, saat ini apa yang gw lakukan mungkin akan jadi kenangan di kemudian hari, kenangan sedih pun terasa bahagia ketika berlalu..... dan tentu

Strawberry

Strawberry berlari mengejar jeruk, tetapi jeruk tak menghiraukanya dan terus berlari, strawberry semakin tertinggal jauh di belakang, lalu ia menagis tersedu-sedu, datanglah leci dengan sayap putihnya dari langit, ia tersenyum pada strawberry dan membawanya terbang ke langit biru, ke sebuah tempat dimana hanya ada bahagia, sebuah daratan di atas langit bernama sky paradise, tempat dimana orang-orang tertawa bebas. ***** Dibalik awan-awan putih itu, strawberry duduk melihat indahnya pemandangan, ia melihat jeruk yang masih berlari tanpa seorangpun yang mengejarnya, ia teringat pertama kali bertemu jeruk, saat itu jeruk tertawa meringis memperlihatkan giginya yang ompong, kemudian ia berlari mengeliingi sekolahan, pada saat itu berlari adalah hobi jeruk, ia ingin menjadi pelari international katanya. Cinta pada pandangan pertama strawberry pada jeruk, membuatnya lupa kalau dunia itu indah, karna jeruk tak pernah menyukai strawberry, dunia yang harusnya indah menjadi kelam, sejak saat itu

Permainan Iblis

Di suatu kota tanpa nama, hiduplah seorang laki-laki bernama frank, dia adalah bajingan, preman yang suka meneror warga, tiap malam membegal orang-orang yang lewat di jalan, suatu malam ketika dia sedang mencari mangsa, sial ketika itu, sebuah mobil truck menabraknya hingga mati, supir truck pun langsung kabur melihat frank yang mati penuh darah, tak ada yang menolongnya, berhari-hari tubuhnya membusuk dimakan binatang buas. Frank menjadi hantu penunggu jalan, jiwanya terjebak dan tersiksa selamanya hingga hari penghakiman, hingga datanglah iblis padanya, "hai frank, apakah kau baik-baik saja.." sapa iblis pada frank... "apakah kau tidak bisa melihat, aku disini tersiksa dan tidak bisa keluar bodoh !!" iblis itu tersenyum dan menawarkan sesuatu pada frank. - Iblis: apakah kau ingin kesempatan kedua, frank ? - Frank: apa yang kau maksut kesempatan kedua. - Iblis: apakah kau ingin hidup kembali ?, kau bisa memperbaiki hidupmu di masa lalu yang menyedihkan itu, menjadi