Dari sekian banyaknya komentar negatif tentang sound horeg, nyatanya masih banyak orang yang suka.. menurut kalian, apakah memang sound horeg banyak negatifnya ?.
Beberapa bulan lalu setelah hari raya idul fitri, gw memang sepi gak ada kerja'an, hampir tiga bulan lebih, soalnya pas sebelum puasa juga udah nganggur, jadi malah kalo di itung hampir empat bulan, dan uang tabungan pun abis.. memang kalo lagi ngaggur gw bosen, dari main games yang jadi hobi favorite, ternyata bisa bosen, dengerin lagu, radio, rasa-rasanya semua hal di rumah bikin bosan.
Gw memang ga ada temen di rumah, jadi rasa sepinya terasa.. sbenernya temen sih ada, cuman gw yang anti sosial :D.
Di saat kebosanan melanda karna ga ada kegiatan, kebetulan saat itu ada acara tahunan di desa, acara sedekah bumi, yang dimana selalu ada peraya'an jembul yang akan di arak ke rumah bapak petinggi, sepertinya gw pernah buat posting tentang sedekah bumi di blog ini, cuma rada lupa judul postingnya apa.
Tau sendiri gw bikin posting judulnya apa.. isi postinya apa.. cerita macem-macem.
*****
Nah di acara sedekah bumi ini lah ramai yang namanya sound horeg, di mana di setiap desa-desa yang mempunyai acara sedekah bumi mendatangkan sound horeg dari jawa timuran, kalo di desa gw memang udah ada adatnya sendiri yaitu jembul dan wayang kulit, jadi jangan harap sound horeg akan masuk ke desa gw yang keramat.
Apalagi ini moment sedekah bumi, mendatangkan sound horeg sepertinya tidak etis.
Cuman yang namanya desa-desa di jawa mempunyai banyak tradisi, mengikuti perkembangan zaman, ada yang sedekah bumi di isi dengan pagelaran wayang kulit, ketoprak, sampai karnaval di siang harinya.. nah di sinilah mulai muncul perubahan semenjak adanya sound horeg, jadi di setiap karnaval mereka pemuda-pemuda desa, iyuran uang untuk mendatangkan sound horeg, yang nantinya di iringi dengan pawai keliling desa menggunakan sound horeg tersebut.
Enggak tanggung-tanggung, biaya sewa sound horeg untuk satu paketnya saja bisa sampai lima puluh juta, bahkan sampai ratusan juta untuk sekelas sound horeg "brewog audio dari jawa timur" yang memang sudah mempunyai nama.
Bisa di bayangin sih berapa iyuran perorangnya, kalo kata temen gw yang sudah pernah datengin brewog audio, itu bisa satu sampai dua juta perorang.
*****
Jadi waktu itu gw nonton sound horeg di tetangga sebelah desa, acara sedekah bumi yang memang siangnya di isi karnaval, ini bukan pertama kali gw nonton sound horeg lho, beberapa tahun sebelumnya gw udah pernah nonton.. cuma di sinilah titik awal gw mulai sedikit menyukai sound horeg.. saat yang memang lagi bosan karna gapunya kerja'an dan kegiatan, nonton karnaval sound horeg jadi hobi baru di kala kegabutan melanda :D.
Dan serius hampir satu bulan jadwal padet nonton karnaval sound horeg, dari satu desa pindah ke desa lain, dan itu semua di daerah tayu, pati.. saking gabutnya nonton sound horeg sampai lintas kabupaten.
Mmamg saat itu lagi ada sedekah bumi, jadi di setiap desa-desa di jawa pasti merayakan itu, tapi ya memang gak semua desa, karna mendatangkan sound horeg butuh biaya yang gak sedikit, dan pro kontranya itu.
Jadi kalo di tanya apakah gw mendukung sound horeg, jelas iyaa hehe :D, sisi positif menururt gw yaa, itu adalah hiburan pastinya, apalagi kalo itu sound gede yang udah punya nama, pasti yang nonton rame banget.. tentunya kalian pernah nonton konser musik kaan, seperti itulah ramainya, lautan manusia, dan tentu bisa meningkatkan usaha jualan, entah es teh, minuman dingin, makanan kecil, dll.
Jadi menurut gw sound horeg gpp, asal ada ketertiban di waktu penyelengara'anya.
*****
Cuman yang namanya sesuatu hiburan pasti ada postif dan negatifnya, kalo tadi gw bilang ada postifnya, tentu negatifnya juga ada, banyak banget malah :D, ada yang bilang sound horeg seperti diskotik berjalan, kalo gw perhatikan memang iya, jadi mereka pada joget sambil minum miras, jogetnya sih gpp, tapi ya jangan sambil minum, apalagi mereka di tonton warga, dan ada anak kecil juga yang nonton.
Dan tentu kalo nonton sound horeg harus kuat kuping sama jantung, untuk sound gede sekelas jawa timur, kalo gakuat mending gausah nonton.
Salah satu alasan nonton sound horeg bisa lihat mbak peserta karnaval yang cantik :D.. ini gw rekam pas karnaval kemerdeka'an kemaren di tayu.

Mas khanif sebenarnya pengin lihat sound horeg nya apa mbak karnaval nya yang cantik.😂😂😂
BalasHapusDisini belum ada sound horeg jadinya aku belum bisa komen apakah setuju apa enggak, soalnya jauh di Banten tidak ada acara sedekah bumi
lihat soundnya mas, kalo ada mbak karnaval yg cakep itu bonus sekalian cuci mata :D.. sedekah bumi kukira ada di semua jawa mas, termasuk banten, ternyata engga ada ya.. mungkin beda tradisi kali ya
HapusKenapa nggak sekalian cari Cewek Nif pas lagi ada acara Sound Horeg.😁😁
BalasHapusWaktu gue di Jawa Timur juga banyak yang ngadain acara Sound Horeg. Tapi nggak pernah nonton ke acaranya.
Kalau menurut gue sih acara Sound Horeg, keren sih cuma lebih lebih enak nonton dari jauh. Takutnya Telinga bisa Budek atau Jantung berdebar-debar. Meski katanya nonton dari jauh kurang Seru yaa,😁
niatnya sih gitu mas, tapi kebanyakan cwe-cwe yang nonton udah bawa pasangan
Hapusmemang sound horeg setau gw lahirnya dari sana mas, jawa timur.. disana pasti banyak acara sound-sound gede.. iya memang kalo gakuat mending nonton dari jauh, atau gausah nonton sekalian, hiburan gini bikin senam jantung dan kuping 🤣
in this economy emang kita-kita ini lebih butuh dihibur ya mas karena makin kesini negeri kita lagi banyak berita-berita yang makah bikin kita mangkel. Jadi kalau didaerah saya ada sound horeg juga pasti nyoba buat nonton
Hapusbutuh hiburan sebanyak-banyaknya mas, apapun itu kalo sekiranya menghibur, meski notabene itu bukan hiburan, kita tetep terhibur, nonton pak presiden pidato saja bisa terhibur kok mas :D
Hapus