Langsung ke konten utama

Satu Minggu Setelah Lebaran

Engga terasa satu minggu berlalu setelah lebaran kemarin, gimana kalian lebaranya ?, pastinya pada keliling-keliling kerumah sanak sodara kaan, kerumah tetangga, kerumah mantan pacar :D, meski udah mantan tetep harus bersilaturahmi yaa, tapi kalo gw sih ogah, kayak punya mantan pacar aja si luu haha, jujur selama lebaran ini gw dirumah aja, tetap mematuhi protokol pemerintah, jaga jarak dan dirumah saja, udah berlalu kali ituuu.. kemarin cuma kerumah nenek, gw nongkrong aja seharian disitu, entar om dan tante, paman dan bibi, ponakan, keluarga yang jauh, pasti kerumah nenek, jadi gw engga usah dateng kerumah mereka satu persatu :D.

Jadi ini salah satu trick yang sudah gw terapkan dari beratus-ratus tahun yang lalu, waduuh.. tua banget dong gw, jadi memang setiap hari raya idul fitri, gw tu selalu nongkrong dirumah salah satu keluarga yang paling tua, semisal dirumah nenek, nanti keluarga yang lain, atau tetangga, sungkemanya pasti dirumah nenek, jadi gw engga usah cape-cape datengin ke rumah mereka satu persatu, sungguh ide yang brilian bukaan, trick ini cocok sekali buat kalian yang males kemana-mana seperti gw hihhihi.

Yang gw rasakan satu minggu setelah lebaran tahun ini adalah ruamai banget di jalan, rumah gw kan deket jalan raya, jadi tiap hari gw tu selalu denger suara bising sepeda motor yang lewat, paling males tu denger suara motor yang knalpontnya grong, lagi enak-enaknya tidur langsung kebangun gara-gara denger suara knalpot itu, kalo misalnya jatoh langsung gw syukurin buat pesta tujuh hari tujuh malem, biaya pesta gw mintain ke pak rt, guwe bilang buat syukuran atas jatohnya sepeda motor knalpot grong, jahat banget gw yaak :D, jatoh engga di tolongin malah di syukurin.

Tetapi memang benar adanya, satu minggu ini gw rasakan lalu lalang sepeda motor ataupun mobil yang lewat depan rumah gw tambah ramai, bahkan yang biasanya abis maghrib sepi karna pada sholat maghrib, ini engga, jadi sepeda motor yang lewat seperti engga ada habisnya, sampai-sampai gw mau nyebrang engga berani, udah melebihi kayak jalan di kota-kota negara besar.. motor mobil berseliweran.. malah ada juga mobil yang bisa terbang, terus motor yang ngeluarin api kayak motornya ghost rider, mulai deh ngayaal :D, yaa pokonya itulah yaa, mungkin karna masih suasana lebaran, jadi banyak orang yang berseliweran kerumah sanak saudara, atau kemana gitu lah.

Selama satu minggu lebaran ini sih gw memang dirumah aja, gw nongkrong di depan rumah sambil ngitungin motor yang lewat, total motor yang lewat di depan rumah gw selama seminggu ini lebih dari seribu sepeda motor, kalau seandainya gw pasang tarif seribu rupiah per motor, auto kaya raya medadak pasti, cocok sekali dijadikan bisnis menjelang hari raya tahun depan, paling engga gw di timpukin orang-orang atas kelakuan itu jhahaha.

Di tempat gw itu tiap hari raya idul fitri engga selalu bikin ketupat, bikinnya entar satu minggu kemudian, karna tiap satu minggu setelah lebaran ada tradisi yang namanya hari raya kupatan, atau pesta lomban, engga tau ya, mungkin itu cuma tradisi di daerah jepara saja, jadi setelah satu minggu lebaran barulah orang-orang pada buat kupat dan leppet, kalo yang engga tau leppet itu apa, itu terbuat dari beras ketan yang di campur sama parutan kelapa dan di bungkus sama daun kelapa yang masih muda, di tempat gw nyebutnya janur, leppet kalo dimakan enak kenyil-kenyil, tapi entah kenapa gw kurang suka.

Pada hari raya kupatan nanti biasanya orang-orang pada ke pantai buat liat laut, makan-makan sama keluarga, kadang ada juga ketempat yang adem gitu kayak pegunungan buat bakar-bakar ayam, tapi kebanyakannya sih ke laut, karna pesta lomban sendiri berhubungan dengan laut, kalo engga salah sih heheh, gw males googling :D, nah biasanya di pantai ada pertunjukan kayak orkes dangdutan, band lokal, dll.. dulu saat masih muda dan punya teman banyak gw engga pernah absen sekalipun tiap tahunya, tapi sekarang gw udah males, liat orang segitu banyaknya di pantai malah bikin engga nyaman, enakan ke pantai tuh pas lagi sepi, berasa pantai punya sendiri hahah.. alessan aja sih ah bilang aja engga punya temen buat di ajak ke pantai hihhi :D.

Komentar

  1. Saya lebaran ke dua baru keliling mas Khanif...itupun rasanya capek banget seharian..padahal cuman setahun sekali wkwkwk

    Nah d Jawa setelah seminggu hari raya ada lebaran ketupat ya..suami sy orang Jatim..sy pun pernah ngerasain ya..rame juga..makan ketupat pake bubuk kedelai yg di goreng..atau kupat tahu. Pake kecap,sambel dan toge gede dan daun bawang.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kalo disini seminggu setelah lebaran bikin ketupatnya, kalo dirumahku biasane paling letupat sama opor ay aja si, itu arasanya udah enak banget :D

      Hapus
  2. Wkwk ngitungin kendaraan lewat, motor apa yg paling banyak lewat mas? Haha..

    Btw ada yg nanyain kapan kawin ngga mas? Haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan motor nmax mas, sama scoopy :D.. pertanyaan kapan nikah ada banget mas, aq males langsung ta tinggal kabur :D

      Hapus
  3. Indonesia kaya suku kaya budaya ya, Mas Khanif. Di kampung saya bikin ketupatnya sehari sebelum lebaran. Di sana seminggu setelah lebaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak disini satu minggu seyelah lebaran, disini nyebutnya hari raya kupatan:D

      Hapus
  4. Ha.. Ha.. Sama dong mas saya kalau lebaran nongkrongnya ke rumah nenek biar nggak perlu keliling jauh. Kalau keliling palingan ke rumah para tetua.
    Lebaran tahun ini saya mudik ke rumah mertua dan bener ja jalannya rame banget, mana panas juga .
    Saya suka leppet donk mas daripada ketupat yang nggak ada rasanya. Disini pun kalau bikin ketupat sama lepet sekitar seminggu setelah lebaran.
    Niatnya lebaran kali ini mau liburan juga eh malah sakit di rumah mertua, anak pilek emaknya ikutan pilek😂😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya emang bener sih mbak, pas lebaran paling cocok nongkrong aja di rumah tetua, pasti semua sanak sodara pada dateng semua, jadi kita ga perlu cape-cape kerumahnya atu-atu :D

      Hapus
  5. Saya malah lebaran kemarinnn.. Lanjut tidur Nif 🤣. Maaf-maafannya cuma pas abis solat Id. itupun sama tetangga yang ketemu aja dan beberapa orang yg berpapasan di Jalan yang aku nggak kenal sama sekali.. wkwkwk 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw gw juga pernah mengalami hal itu mas bayu, pas ketemu random tetangga malah salam-salaman, pas sama tetangga sebelah rumah malah engga 🤣

      Hapus
  6. Sayangnya Nif, trik nongkrong di rumah nenek atau keluarga yg lebih tua itu gak berlaku di Betawi. Kita harus melakukan kunjungan balik ke famili yang jumlahnya gak kehitung itu. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh kalo di betawi beda ya mbak, harus kerumah sodara satu-satu, engga apa-apa mbak, itung-itung icip jajanan pas lebaran juga :D

      Hapus
  7. Itu cara yg aku lakuin juga🤣. Tapi untungnya keluarga suami, papa mertuaku anak tertua. Jadi memang sodara2nya pada DTG kesana. Tapi setelah papa meninggal, baru deh, mau ga mau sesekali hrs jalan ke rumah sodara.

    Ih aku sukaaa lepet 😄😄. Mama dulu sering bikin. Tapi anehnya pas msh tinggal Ama mama, aku ga terlalu doyan tuh kue. Skr giliran udah jauh, suka kangen nif , baru bayangin bentuknya aja udah pengen 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata banyak yang make cara seperti itu ya, emang paling efektif sih buat yang males sungkem satu-satu kerumah sodara hehe

      kalo lepet aku malah kurang suka ya mbak, paling makan satu atau dua udah blenger :D

      Hapus
  8. Kita satu frekuensi Bang hehe, kebanyakan Keluarga yang datang. Untuk tahun ini sih, dulu saya dan Ibu yang sering bertandang ke rumah mereka.

    Bahkan teman-teman juga datang ke rumah saat lebaran.

    Saya suka Lepet Bang, enak hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih suka lontong ketupatnya sih bang gw :D

      Hapus
  9. Benar juga ya mas, kita tinggal nunggu di rumah nenek atau kakek, nanti paman bibi atau uwak pada datang, jadi tidak capek keliling.😅

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan

Setiap orang pasti memiliki kenangan indah ataupun pahit, dimana setiap kenangan itu memiliki arti yang mendalam bagi orang tersebut.. gw pernah ada di satu waktu dimana gw tidak memperdulikan kenangan orang lain, bagi gw kenangan mereka hanyalah sebatas kenangan yang tidak ada hubunganya dengan gw, dan memang bener, karna gw tidak mengenal mereka, tapi semakin kesini gw semakin menyadari, gw ataupun mereka sama saja, kenangan yang mereka miliki sama berharganya dengan kenangan yang gw punya. Berawal dari perjalanan ke satu tempat pada waktu itu, gw melihat beberapa orang yang akan di tinggal pergi, mereka berpesan baik-baik disana, jaga kesehatan, sebuah kalimat sederhana yang mempunyai arti dalam, pada waktu itu gw sama sekali tidak menyadarinya, hingga gw tau semua itu sama halnya ketika orang tua gw berpesan yang sama. Berbicara tentang kenangan, saat ini apa yang gw lakukan mungkin akan jadi kenangan di kemudian hari, kenangan sedih pun terasa bahagia ketika berlalu..... dan tentu

Strawberry

Strawberry berlari mengejar jeruk, tetapi jeruk tak menghiraukanya dan terus berlari, strawberry semakin tertinggal jauh di belakang, lalu ia menagis tersedu-sedu, datanglah leci dengan sayap putihnya dari langit, ia tersenyum pada strawberry dan membawanya terbang ke langit biru, ke sebuah tempat dimana hanya ada bahagia, sebuah daratan di atas langit bernama sky paradise, tempat dimana orang-orang tertawa bebas. ***** Dibalik awan-awan putih itu, strawberry duduk melihat indahnya pemandangan, ia melihat jeruk yang masih berlari tanpa seorangpun yang mengejarnya, ia teringat pertama kali bertemu jeruk, saat itu jeruk tertawa meringis memperlihatkan giginya yang ompong, kemudian ia berlari mengeliingi sekolahan, pada saat itu berlari adalah hobi jeruk, ia ingin menjadi pelari international katanya. Cinta pada pandangan pertama strawberry pada jeruk, membuatnya lupa kalau dunia itu indah, karna jeruk tak pernah menyukai strawberry, dunia yang harusnya indah menjadi kelam, sejak saat itu

Permainan Iblis

Di suatu kota tanpa nama, hiduplah seorang laki-laki bernama frank, dia adalah bajingan, preman yang suka meneror warga, tiap malam membegal orang-orang yang lewat di jalan, suatu malam ketika dia sedang mencari mangsa, sial ketika itu, sebuah mobil truck menabraknya hingga mati, supir truck pun langsung kabur melihat frank yang mati penuh darah, tak ada yang menolongnya, berhari-hari tubuhnya membusuk dimakan binatang buas. Frank menjadi hantu penunggu jalan, jiwanya terjebak dan tersiksa selamanya hingga hari penghakiman, hingga datanglah iblis padanya, "hai frank, apakah kau baik-baik saja.." sapa iblis pada frank... "apakah kau tidak bisa melihat, aku disini tersiksa dan tidak bisa keluar bodoh !!" iblis itu tersenyum dan menawarkan sesuatu pada frank. - Iblis: apakah kau ingin kesempatan kedua, frank ? - Frank: apa yang kau maksut kesempatan kedua. - Iblis: apakah kau ingin hidup kembali ?, kau bisa memperbaiki hidupmu di masa lalu yang menyedihkan itu, menjadi